Training Manajer Pelayanan Pasien Rumah Sakit (Case Manager)
PENGANTAR Training Manajer Pelayanan Pasien Rumah Sakit (Case Manager)
Training Manajer Pelayanan Pasien Rumah Sakit (Case Manager) – Pelayanan kesehatan termasuk rumah sakit pada era millennium ini haruslah dapat menjamin tercapainya keselamatan pasien, karena tanpa keselamatan pasien maka pelayanan tidak dapat dikatakan bermutu. Keselamatan pasien baru dapat dijamin atau diyakini tercapai apabila rumah sakit merubah paradigma pelayanan baru yaitu pelayanan yang berfokus pada pasien (Patient Centered Care). Pelayanan rumah sakit yang menggunakan konsep PCC adalah pelayanan yang melaksanakan 4 konsep dasar yaitu : Martabat dan Respek kepada pasien, Berbagi informasi kepada pasien, Partisipasi pasien dalam pelayanan dan Kolaborasi / kerjasama. Untuk tercapainya pelayanan berfokus pasien, asuhan yang diberikan kepada pasien haruslah asuhan yang terintegrasi, dimana semua professional pemberi asuhan berkolaborasi dalam menjalankan asuhan.
Rumah sakit perlu menetapkan staf medis, keperawatan, dan staf lain yang bertanggung jawab atas pelayanan pasien, staf yang dimaksud adalah Manajer Pelayanan Pasien (case manager) baik dari kalangan dokter atau tenaga keperawatan yang kompeten. Bekerja sama dalam menganalisis dan mengintegrasikan asesmen pasien.
Manajer Pelayanan Pasien (Case Manager) adalah professional dalam Rumah Sakit yang bekerja secara kolaboratif dengan PPA, memastikan bahwa pasien dirawat serta ditransisikan ke tingkat asuhan yang tepat, dalam perencanaan asuhan yang efektif dan menerima pengobatan yang ditentukan, serta didukung pelayanan dan perencanaan yang dibutuhkan selama maupun sesudah perawatan Rumah Sakit
TUJUAN Training Manajer Pelayanan Pasien Rumah Sakit (Case Manager)
Setelah mengikuti training ini, peserta diharapkan mampu :
- Menerapkan Pelayanan Fokus pada Pasien (Patient Centered Care)
- Mempunyai hubungan kerja yang professional dengan para dokter dan staf klinis.
- Memiliki relasi dengan pasien dan keluarga.
- Mengetahui peran dan fungsi Manajer Pelayanan Pasien di Rumah Sakit.
MATERI Training Manajer Pelayanan Pasien Rumah Sakit (Case Manager)
- Hak Pasien Dalam Pelayanan Berfokus pada Pasien
- Konsep dan Prinsip Pelayanan Berfokus pada Pasien (Patient Centered Care) dalam SNARS Edisi 1
- Panduan transfer pasien dan Kode Biru
- Interprofessional Collaborative Competency
- Penerapan Pelayanan Berfokus pada Pasien dan Asuhan Terintegerasi
- Peran dan Fungsi Manajer Pelayanan Pasien
- Keterlibatan Pasien dan Keluarga Dalam Asuhan Terintegrasi
- Dokumentasi Manajer Pelayanan Pasien di Rekam Medis
- Perencanaan Pemulangan Keluarga Dalam Asuhan Terintegrasi
- Mengimplementasikan Pola Kerjasama dengan DPJP
- Peran dan fungsi DPJP dalam implementasi PCC
- Tatalaksana Manajer Pelayanan Pasien ( Case Manager )
- Pemahaman tentang Integrated Clinical Pathway
- Tanya jawab dan studi kasus
PESERTA Training Manajer Pelayanan Pasien Rumah Sakit (Case Manager)
Program Training Manajer Pelayanan Pasien ini sangat dianjurkan diikuti oleh mereka dengan latar belakang profesi yang menjabat sebagai Direktur RS dan jajaran Direksi RS, pemilik RS atau Dewan / Direksi Perusahaan, Komite Medis (Ketua dan Pengurus), Staf Medis Rumah Sakit, Staf Keperawatan Rumah Sakit, Staf SIMRS, Staf Profesioanal lainnya
METODE
Presentasi, Diskusi, Studi kasus, dan Evaluasi
NARASUMBER
DISI Training Center Consultant & Team
DURASI
- 2 hari ( efektif 14 jam) Mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB (Publik Training Tatap Muka)
- 2 hari ( efektif 12 jam) Mulai pukul 09.00 – 15.00 WIB (Publik / In House Training Online)
ADMINISTRASI
Publik Training Tatap Muka
- Rp. 4.250.000; /peserta (belum termasuk PPN 11%)
Publik Training Online
- Rp. 3.500.000;/ peserta (belum termasuk PPN 11%)
- Rp. 3.250.000;/2-3 peserta (belum termasuk PPN 11%)
- Rp. 3.000.000;/4-5 peserta (belum termasuk PPN 11%)
In House Training Online
- Rp. 15.000.000; untuk maksimal 10 peserta (belum termasuk PPN 11%)
- Rp. 18.000.000; untuk maksimal 20 peserta (belum termasuk PPN 11%)
- Rp. 20.000.000; untuk maksimal 30 peserta (belum termasuk PPN 11%)
FASILITAS
- Offline: Sertifikat, Modul (Hard/Soft Copy), Training Kit , Jacket, 2X Lunch, 2X Coffee Break/hari, Foto Bersama Seluruh Peserta, dilaksanakan di hotel berbintang.
- Online: Softcopy Materi, Recording/Rekaman Training dan Sertifikat.
INFORMASI & PROMO
- 021 – 8912 7956
- 0812 8457 4848 (whatsapp)
AGENDA PUBLIC TRAINING MANAJER PELAYANAN PASIEN RUMAH SAKIT (CASE MANAGER) Tahun 2023:
- Jakarta, 5-6 Januari 2023
- Bandung, 19-20 Januari 2023
- Jakarta, 2-3 Februari 2023
- Yogyakarta, 16-17 Februari 2023
- Jakarta, 9-10 Maret 2023
- Bogor, 20-21 Maret 2023
- Online, 5-6 April 2023
- Online, 19-20 April 2023
- Jakarta, 11-12 Mei 2023
- Bandung, 24-25 Mei 2023
- Jakarta, 8-9 Juni 2023
- Yogyakarta, 22-23 Juni 2023
- Jakarta, 13-14 Juli 2023
- Bogor, 27-28 Juli 2023
- Jakarta, 10-11 Agustus 2023
- Yogyakarta, 24-25 Agustus 2023
- Jakarta, 14-15 September 2023
- Bandung, 26-27 September 2023
- Jakarta, 12-13 Oktober 2023
- Bogor, 26-27 Oktober 2023
- Jakarta, 9-10 November 2023
- Bandung, 23-24 November 2023
- Jakarta, 1-2 Desember 2023
- Bogor, 15-16 Desember 2023
NB : Ingin request tempat dan waktu training? Silahkan hubungi kami sekarang juga!
DOWNLOAD SILABUS Training Manajer Pelayanan Pasien RS
REFERENSI I
- RSUD Kota Salatiga – Jawa Tengah
- RS Umum Daerah Kota Surakarta – Jawa Tengah
- RSUD Sultan Imanuddin, Pangkalan Bun – Kalimantan Tengah
- RS. Graha Husada, Kota Bandar Lampung – Lampung
- RSUD Kota Padang Panjang, Sumatera Barat
- RSUD M. Sani, Pekabnaru – Riau
- RSUD Anuntaloko, Kab. Parigi Moutong – Sulawesi Tengah
- RSUD Depati Hamzah, Pangkal Pinang – Bangka Belitung
- RSUD Ade Muhammad Djoen, Kab. Sintang – Kalimantan Barat
- RSUD Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara
- Siloam Hospital Kupang, Nusa Tenggara Timur
- RS. Muhammadiyah Surya Melati, Kab. Kediri – Jawa Timur
- RSD. Kol. Abundjani Bangko, Kab. Merangin – Jambi
- RSUD dr. Agoesdjam, Kab. Ketapang – Kalimantan Barat
- RSUD dr. Zubir Mahmud, Aceh Timur – Aceh
- RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso, Kab. Wonogiri – Jawa Tengah
- RS. Bhina Bhakti Husada, Kab. Rembang – Jawa Tengah
- RSUD Kemayoran – Kota Jakarta Pusat – DKI Jakarta
- RS. Bhayangkara Tk.III Bengkulu – Prov. Bengkulu
- RS. Khusus Mata Palembang – Prov. Sumatera Selatan
- RS. Bhayangkara Setukpa, Kab. Sukabumi – Jawa Barat
- RS. Bhayangkaran Sespimma POLRI, Kota Jakarta Selatan – DKI Jakarta
- RS. Permata, Kota Depok – Jawa Barat
- RSU. Meuraxa – Aceh
- RSUD Kab. Bajawa – Nusa Tenggara Timur
- RSUD Kab. Buton – Sulawesi Tenggara
- RSU. Islam Kustati, Kab. Surakarta – Jawa Tengah
- RS. Budi Sehat, Kab. Purworejo – Jawa Tengah
- RS. Benyamin Guluh, Kab. Kolaka – Sulawesi Tenggara
- RSUD dr. Rubini, Kab. Mempawah – Kalimantan Barat
- RSUD dr. Abdul Aziz, Kab. Singkawang – Kalimantan Barat
- RS. Avicenna, Kab. Bireun – Aceh
REFERENSI II
- RSUD Tarutung, Sumatera Utara
- RSIA Aisyiah Pekajangan, Kab. Pekalongan – Jawa Tengah
- RSU. Pakuwon, Kab. Sumedang – Jawa Barat
- RS. Mulia Pajajawan, Kota Bogor – Jawa Barat
- RS. Permata Bunda, Kab. Ciamis – Jawa Barat
- RSK. Ngesti Waluyo, Kab. Temanggung – Jawa Tengah
- RS. Mitra Medika Narom, Kab. Bekasi – Jawa Barat
- RS. dr. Soebirin, Kab. Musi Rawas – Sumatera Selatan
- RSUD Palabuhanratu, Kab. Sukabumi – Jawa Barat
- RSUD Selasih, Kab. Pelalawan – Riau
- RSUD M. Natsir, Kab. Solok – Sumatera Barat
- RS. Prikasih, Kota Jakarta Selatan – DKI Jakarta
- RS. Universitas Mataram – Nusa Tenggara Barat
- RSUD Balaraja, Kab. Tangerang – Banten
- RSUD Kab. Sukamara – Kalimantan Tengah
- RSUD Mokoyurli, Kab. Buol – Sulawesi Tengah
- RSUD dr. Harjono S, Kab. Ponorogo – Jawa Timur
- RS. Amelia Pare, Kab. Kediri – Jawa Timur
- RSU. Muslimat, Kab. Ponorogo – Jawa Timur
- RS. PKU Muhammadiyah, Kab. Cepu – Jawa Tengah
- RSUD Muhammad Sani, Kab. Karimun – Prov. Kepulauan Riau
- RSUD Kab. Bintan – Kepulauan Riau
- RS. Islam, Kab. Kendal – Jawa Tengah
- RS. Permata Depok – Jawa Barat
- RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Jakarta Pusat – DKI Jakarta
- RSU. Adhyaksa, Kota Jakarta Timur – DKI Jakarta
- RS. Muhammadiyah, Kota Metro – Lampung
- RSUD Ratu Zalecha, Kota Martapura – Kalimantan Selatan
- RSUD Al-Ihsan, Kab. Bandung – Jawa Barat
- RSU. HKBP Balige, Kab. Toba Samoosir – Sumatera Utara
- RSU. Kasih Bunda, Kota Cimahi – Jawa Barat
- RSUD Kab. Kepahiang – Bengkulu
12 Komentar
Terimakasih informasi nya terkait case manager RS, semoga dengan kehadiran profesi baru Case Maneger ( C.M ), RS bisa /mampu memberikan pelayanan yang memuaskan bagi klien dan keluarga menuju excelent service at the hosptal.
Maju dan terus improve layanan Disi Training Center.
Semoga terus berjaya di udara dan di darat.
-Suwito-
Terima kasih Pak Suwito atas supportnya.
Saya beminat ikut 27 – 28 Sept 201i
Terima kasih atas kunjungannya ke website kami. Untuk mempermudah komunikasi selanjutnya bisa menghubungi nomor : 0812 8457 4848 (Ready WA)
Bisa kirimkan kami brosur ?
Untuk kami bisa follow up ke pimpinan kami. Tks
Mohon info brosur, jadwal untuk pelatihan…
Terimakasih
Dear Pak Jefri..,
Maaf sebelumnya Pak Jefri dari RS mana pak kalau boleh tau? Dan rencananya untuk schedule bulan apa ya pak? Bisa hubungi kami Via Wa di 081284574848 ( Rizky )
tolong brosur nya untuk bulan juni/juli 2019 ke rsud01kotabaru@gmail.com & rsud.kotabaru@yahoo.co.id
terima kasih
tolong brosur manajeme pelayanan pasien bogor 27-28 juni 2019
tolong dong brosur pelatihan untuk case manager .jakarta 11-12 juli 2019
tolong dong.kirimkan brosur untuk pelatihan case manager diYogyakarta, 24-25 Juli 2019
tolong dong.kirimkan brosur untuk pelatihan case manager diYogyakarta, 24-25 Juli 2019 .kami memang pernah mengajukan tapi belum ada jawaban.