Training Manajer Pelayanan Pasien Rumah Sakit (Case Manager)

Training Manajer Pelayanan Pasien Rumah Sakit (Case Manager)

 Training Manajer Pelayanan Pasien Rumah Sakit (Case Manager)

PENGANTAR Training Manajer Pelayanan Pasien Rumah Sakit (Case Manager)

Training Manajer Pelayanan Pasien Rumah Sakit (Case Manager) – Pelayanan kesehatan termasuk rumah sakit pada era millennium ini haruslah dapat menjamin tercapainya keselamatan pasien, karena tanpa keselamatan pasien maka pelayanan tidak dapat dikatakan bermutu. Keselamatan pasien baru dapat dijamin atau diyakini tercapai apabila rumah sakit merubah paradigma pelayanan baru yaitu pelayanan yang berfokus pada pasien (Patient Centered Care). Pelayanan rumah sakit yang menggunakan konsep PCC adalah pelayanan yang melaksanakan 4 konsep dasar yaitu : Martabat dan Respek kepada pasien, Berbagi informasi kepada pasien, Partisipasi pasien dalam pelayanan dan Kolaborasi / kerjasama. Untuk tercapainya pelayanan berfokus pasien, asuhan yang diberikan kepada pasien haruslah asuhan yang terintegrasi, dimana semua professional pemberi asuhan berkolaborasi dalam menjalankan asuhan.

Rumah sakit perlu menetapkan staf medis, keperawatan, dan staf lain yang bertanggung jawab atas pelayanan pasien, staf yang dimaksud adalah Manajer Pelayanan Pasien (case manager) baik dari kalangan dokter atau tenaga keperawatan yang kompeten. Bekerja sama dalam menganalisis dan mengintegrasikan asesmen pasien.

Manajer Pelayanan Pasien (Case Manager) adalah professional dalam Rumah Sakit yang bekerja secara kolaboratif dengan PPA, memastikan bahwa pasien dirawat serta ditransisikan ke tingkat asuhan yang tepat, dalam perencanaan asuhan yang efektif dan menerima pengobatan yang ditentukan, serta didukung pelayanan dan perencanaan yang dibutuhkan selama maupun sesudah perawatan Rumah Sakit

TUJUAN Training Manajer Pelayanan Pasien Rumah Sakit (Case Manager)

Setelah mengikuti training ini, peserta diharapkan mampu :

  • Menerapkan Pelayanan Fokus pada Pasien (Patient Centered Care)
  • Mempunyai hubungan kerja yang professional dengan para dokter dan staf klinis.
  • Memiliki relasi dengan pasien dan keluarga.
  • Mengetahui peran dan fungsi Manajer Pelayanan Pasien di Rumah Sakit.

MATERI Training Manajer Pelayanan Pasien Rumah Sakit (Case Manager)

  • Hak Pasien Dalam Pelayanan Berfokus pada Pasien
  • Konsep dan Prinsip Pelayanan Berfokus pada Pasien (Patient Centered Care) dalam SNARS Edisi 1
  • Panduan transfer pasien dan Kode Biru
  • Interprofessional Collaborative Competency
  • Penerapan Pelayanan Berfokus pada Pasien dan Asuhan Terintegerasi
  • Peran dan Fungsi Manajer Pelayanan Pasien
  • Keterlibatan Pasien dan Keluarga Dalam Asuhan Terintegrasi
  • Dokumentasi Manajer Pelayanan Pasien di Rekam Medis
  • Perencanaan Pemulangan Keluarga Dalam Asuhan Terintegrasi
  • Mengimplementasikan Pola Kerjasama dengan DPJP
  • Peran dan fungsi DPJP dalam implementasi PCC
  • Tatalaksana Manajer Pelayanan Pasien ( Case Manager )
  • Pemahaman tentang Integrated Clinical Pathway
  • Tanya jawab dan studi kasus

PESERTA Training Manajer Pelayanan Pasien Rumah Sakit (Case Manager)

Program Training Manajer Pelayanan Pasien ini sangat dianjurkan diikuti oleh mereka dengan latar belakang profesi yang menjabat sebagai Direktur RS dan jajaran Direksi RS, pemilik RS atau Dewan / Direksi Perusahaan, Komite Medis (Ketua dan Pengurus), Staf Medis Rumah Sakit, Staf Keperawatan Rumah Sakit, Staf SIMRS, Staf Profesioanal lainnya

METODE

Presentasi, Diskusi, Studi kasus, dan Evaluasi

NARASUMBER

DISI Training Center Consultant & Team

DURASI                              

  • 2 hari ( efektif 14 jam) Mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB (Publik Training Tatap Muka)
  • 2 hari ( efektif 12 jam) Mulai pukul 09.00 – 15.00 WIB (Publik / In House Training Online)

ADMINISTRASI

Publik Training Tatap Muka

  • Rp. 4.250.000; /peserta (belum termasuk PPN 10%)

Publik Training Online

  • Rp. 3.500.000;/ peserta (belum termasuk PPN 10%)
  • Rp. 3.250.000;/2-3 peserta (belum termasuk PPN 10%)
  • Rp. 3.000.000;/4-5 peserta (belum termasuk PPN 10%)

In House Training Online

  • Rp. 12.000.000; untuk maksimal 10 peserta (belum termasuk PPN 10%)
  • Rp. 16.000.000; untuk maksimal 20 peserta (belum termasuk PPN 10%)
  • Rp. 20.000.000; untuk maksimal 30 peserta (belum termasuk PPN 10%)

FASILITAS

  • Offline: Sertifikat, Modul (Hard/Soft Copy), Training Kit , Jacket, 2X Lunch, 2X Coffee Break/hari, Foto Bersama Seluruh Peserta, dilaksanakan di hotel berbintang.
  • Online: Softcopy Materi, Recording/Rekaman Training dan Sertifikat.

INFORMASI & PROMO

  • 021 – 8912 7956
  • 0812 8457 4848 (whatsapp)

AGENDA PUBLIC TRAINING MANAJER PELAYANAN PASIEN RUMAH SAKIT (CASE MANAGER) Tahun 2021:

  • Yogyakarta, 7-8 Januari 2021
  • Jakarta, 27-28 Januari 2021
  • Bandung, 4-5 Februari 2021
  • Jakarta, 24-25 Februari 2021
  • Bogor, 4-5 Maret 2021
  • Jakarta, 24-25 Maret 2021
  • Yogyakarta, 8-9 April 2021
  • Jakarta, 24-25 Mei 2021
  • Bandung, 3-4 Juni 2021
  • Jakarta, 23-24 Juni 2021
  • Bogor, 8-9 Juli 2021
  • Jakarta, 28-29 Juli 2021
  • Bandung, 5-6 Agustus 2021 
  • Jakarta, 25-26 Agustus 2021
  • Yogyakarta, 2-3 September 2021
  • Jakarta, 22-23 September 2021
  • Bogor, 7-8 Oktober 2021
  • Jakarta, 27-28 Oktober 2021
  • Yogyakarta, 4-5 November 2021
  • Jakarta, 24-25 November 2021
  • Bandung, 2-3 Desember 2021
  • Jakarta, 15-16 Desember 2021

NB : Ingin request tempat dan waktu training? Silahkan hubungi kami sekarang juga!

DOWNLOAD SILABUS Training Manajer Pelayanan Pasien RS

REFERENSI I

  1. RSUD Kota Salatiga – Jawa Tengah
  2. RSUD Kota Surakarta – Jawa Tengah
  3. RSUD Sultan Imanuddin, Pangkalan Bun – Kalimantan Tengah
  4. RS. Graha Husada, Kota Bandar Lampung – Lampung
  5. RSUD Kota Padang Panjang, Sumatera Barat
  6. RSUD M. Sani, Pekabnaru – Riau
  7. RSUD Anuntaloko, Kab. Parigi Moutong – Sulawesi Tengah
  8. RSUD Depati Hamzah, Pangkal Pinang – Bangka Belitung
  9. RSUD Ade Muhammad Djoen, Kab. Sintang – Kalimantan Barat
  10. RSUD Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara
  11. Siloam Hospital Kupang, Nusa Tenggara Timur
  12. RS. Muhammadiyah Surya Melati, Kab. Kediri – Jawa Timur
  13. RSD. Kol. Abundjani Bangko, Kab. Merangin – Jambi
  14. RSUD dr. Agoesdjam, Kab. Ketapang – Kalimantan Barat
  15. RSUD dr. Zubir Mahmud, Aceh Timur – Aceh
  16. RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso, Kab. Wonogiri – Jawa Tengah
  17. RS. Bhina Bhakti Husada, Kab. Rembang – Jawa Tengah
  18. RSUD Kemayoran – Kota Jakarta Pusat – DKI Jakarta
  19. RS. Bhayangkara Tk.III Bengkulu – Prov. Bengkulu
  20. RS. Khusus Mata Palembang – Prov. Sumatera Selatan
  21. RS. Bhayangkara Setukpa, Kab. Sukabumi – Jawa Barat
  22. RS. Bhayangkaran Sespimma POLRI, Kota Jakarta Selatan – DKI Jakarta
  23. RS. Permata, Kota Depok – Jawa Barat
  24. RSU. Meuraxa – Aceh
  25. RSUD Kab. Bajawa – Nusa Tenggara Timur
  26. RSUD Kab. Buton – Sulawesi Tenggara
  27. RSU. Islam Kustati, Kab. Surakarta – Jawa Tengah
  28. RS. Budi Sehat, Kab. Purworejo – Jawa Tengah
  29. RS. Benyamin Guluh, Kab. Kolaka – Sulawesi Tenggara
  30. RSUD dr. Rubini, Kab. Mempawah – Kalimantan Barat
  31. RSUD dr. Abdul Aziz, Kab. Singkawang – Kalimantan Barat
  32. RS. Avicenna, Kab. Bireun – Aceh

REFERENSI II

  1. RSUD Tarutung, Sumatera Utara
  2. RSIA Aisyiah Pekajangan, Kab. Pekalongan – Jawa Tengah
  3. RSU. Pakuwon, Kab. Sumedang – Jawa Barat
  4. RS. Mulia Pajajawan, Kota Bogor – Jawa Barat
  5. RS. Permata Bunda, Kab. Ciamis – Jawa Barat
  6. RSK. Ngesti Waluyo, Kab. Temanggung – Jawa Tengah
  7. RS. Mitra Medika Narom, Kab. Bekasi – Jawa Barat
  8. RS. dr. Soebirin, Kab. Musi Rawas – Sumatera Selatan
  9. RSUD Palabuhanratu, Kab. Sukabumi – Jawa Barat
  10. RSUD Selasih, Kab. Pelalawan – Riau
  11. RSUD M. Natsir, Kab. Solok – Sumatera Barat
  12. RS. Prikasih, Kota Jakarta Selatan – DKI Jakarta
  13. RS. Universitas Mataram – Nusa Tenggara Barat
  14. RSUD Balaraja, Kab. Tangerang – Banten
  15. RSUD Kab. Sukamara – Kalimantan Tengah
  16. RSUD Mokoyurli, Kab. Buol – Sulawesi Tengah
  17. RSUD dr. Harjono S, Kab. Ponorogo – Jawa Timur
  18. RS. Amelia Pare, Kab. Kediri – Jawa Timur
  19. RSU. Muslimat, Kab. Ponorogo – Jawa Timur
  20. RS. PKU Muhammadiyah, Kab. Cepu – Jawa Tengah
  21. RSUD Muhammad Sani, Kab. Karimun – Prov. Kepulauan Riau
  22. RSUD Kab. Bintan – Kepulauan Riau
  23. RS. Islam, Kab. Kendal – Jawa Tengah
  24. RS. Permata Depok – Jawa Barat
  25. RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Jakarta Pusat – DKI Jakarta
  26. RSU. Adhyaksa, Kota Jakarta Timur – DKI Jakarta
  27. RS. Muhammadiyah, Kota Metro – Lampung
  28. RSUD Ratu Zalecha, Kota Martapura – Kalimantan Selatan
  29. RSUD Al-Ihsan, Kab. Bandung – Jawa Barat
  30. RSU. HKBP Balige, Kab. Toba Samoosir – Sumatera Utara
  31. RSU. Kasih Bunda, Kota Cimahi – Jawa Barat
  32. RSUD Kab. Kepahiang – Bengkulu

Training Manajer Pelayanan Pasien Rumah Sakit (Case Manager)Training Manajer Pelayanan Pasien Rumah Sakit (Case Manager)Training Manajer Pelayanan Pasien Rumah Sakit (Case Manager)

Training Manajer Pelayanan Pasien Rumah Sakit (Case Manager)

Training Manajer Pelayanan Pasien Rumah Sakit (Case Manager)Training Manajer Pelayanan Pasien Rumah Sakit (Case Manager)Training Manajer Pelayanan Pasien Rumah Sakit (Case Manager)Training Manajer Pelayanan Pasien Rumah Sakit (Case Manager)

Training Manajer Pelayanan Pasien Rumah Sakit (Case Manager)Training Manajer Pelayanan Pasien Rumah Sakit (Case Manager)

Training Manajer Pelayanan Pasien (Case Manager)

12 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Share This

Copy Link to Clipboard

Copy