Training Komunikasi Efektif Bagi Staff Rumah Sakit

Training Komunikasi Efektif

TrTRAINING KOMUNIKASI EFEKTIF BAGI STAF RUMAH SAKIT

PENGANTAR Training Komunikasi Efektif Bagi Staf Rumah Sakit

Training Komunikasi Efektif – Dalam setiap perusahaan baik bidang kesehatan, jasa, keuangan, dagang atau perusahaan di bidang lainnya, ada salah satu hal yang sangat penting yang akan menjadi pondasi kekuatan perusahaan tersebut untuk terus tetap tegak Berjaya bahkan semakin besar. Hal yang sangat penting itu bernama Komunikasi Efektif. Banyak sekali yang menyepelekan betapa pentingnya kemampuan komunikasi untuk sebaiknya dimiliki oleh setiap karyawan dalam bidang kerja apapun.

Dalam Komunikasi Efektif proses berkomunikasi tentunya melibatkan lebih dari satu orang, jadi ada pemberi pesan (sender) dan ada penerima pesan (receiver). Dalam pelatihan ini kita akan membahas secara lebih detail masing-masing pihak tersebut ketika memberikan dan menerima informasi. Contoh: Perintah dari seorang General Manager yang diberikan kepada Kepala Divisi diteruskan kepada Supervisor hingga kepada seorang Staf bisa diterima atau diartikan berbeda.

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan tanggal 01 Maret 2012 dimana terjadi perubahan paradigma standar Akreditasi baru yang diaplikasikan pada pelayanan kesehatan yaitu berfokus kepada pasien. Dengan Training Komunikasi Efektif Keselamatan Pasien (Patient Safety) menjadi standar utama, mengingat keselamatan pasien merupakan masalah yang perlu ditangani segera di Rumah Sakit, dan penilaian hal ini harus sesuai dengan standar Keselamatan Pasien yang wajib diterapkan di Rumah Sakit dan penilaiannya dilakukan dengan menggunakan instrumen Akreditasi Rumah Sakit.

Patient Safety

Berdasarkan standar Keselamatan Pasien (Patient Safety) tersebut diatas ada 7 standar keselamatan pasien yang harus diterapkan Rumah Sakit, salah satunya yang berbunyi yaitu ” Komunikasi dalam Pelatihan Komunikasi Efektif merupakan kunci bagi staf untuk mencapai Keselamatan Pasien “. Dengan dasar tersebut cara berkomunikasi yang baik bagi para staf dan SDM di Rumah Sakit merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai petugas Rumah Sakit di setiap departement. Untuk mengantisipasi tuntutan tersebut agar bisa memparaktikan komunikasi yang efektif dengan pasien, perlu dilakukan peningkatan kualitas SDM di Rumah Sakit supaya lebih berkualitas dalam berkualitas. Program Training Komunikasi Efektif Bagi Staf Rumah Sakit yang selenggarakan oleh DISI Training Center diharapkan mampu memberikan arahan dan perbaikkan yang secara signifikan kepada seluruh staf dan SDM yang ada di Rumah Sakit.

TUJUAN TRAINING KOMUNIKASI EFEKTIF BAGI STAF RUMAH SAKIT

Setelah mengikuti program Training Komunikasi Efektif Bagi Staf Rumah Sakit ini diharapkan peserta mampu:

  • Memahami kebijakan dan pedoman pemberian edukasi
  • Memberikan edukasi kesehatan pada pasien dan keluarga pasien secara efektif
  • Menghasilkan petugas Rumah Sakit yang mampu menjadi Health Educator di Rumah Sakit dan bisa lebih memahami bagaimana cara dan proses melakukan edukasi kesehatan di Rumah Sakit
  • Setelah dilakukan edukasi kepada pasien yang dibangun dengan cara berkomunikasi yang baik diharapkan bisa memberikan arahan kepada pasien dan keluarga pasien agar mampu berpartisipasi dalam memberikan keputusan perawatan dan proses perawatan kepada pasien, sehingga dapat membantu proses penyembuhan lebih cepat dan efektif.

MATERI TRAINING KOMUNIKASI EFEKTIF BAGI STAF RUMAH SAKIT

  • Pengantar standar Akreditasi Rumah Sakit Thaun 2019 SNARS Edisi 1.1  terkait dengan syarat agar Rumah Sakit menyusun cara komunikasi yang efektif, tepat waktu, akurat, lengkap, jelas, dan dapat dipahami pasien.
  • Berbagai kesalahan yang sering kali muncul karena kurangnya penerapan komunikasi yang efektif di Rumah Sakit
  • Aspek-aspek penting yang perlu dibangun dalam membangun komunikasi efektif di Rumah Sakit
  • Komunikasi efektif berdasarkan kerangkan SBAR ( Situation, Background, Assessment, and Recommendation)
  • Aplikasi dan teknik komunikasi yang baik
  • Tips dan trik sukses menjadi Health Educator yang baik di Rumah Sakit
  • Aspek yang harus dibangun dalam komunikasi efektif
  • Teknik berkomunikasi yang baik dengan menggunakan metode REACH ( Respect, Emphaty, Audible, Clarity and Humble )
  • Kerangka komunikasi efektif SBAR ( ituation, Background, Assessment, and Recommendation )

PESERTA TRAINING KOMUNIKASI EFEKTIF BAGI STAF RUMAH SAKIT

Pelatihan ini sangatlah direkomendasikan untuk Kepala Ruangan, Kepala Instalasi, Perawat, Staf Lab, Tenaga Fungsional Kesehatan, Terapist, Ahlis Gizi, Psikolog, Staf Apoteker dan Staf Radiologi serta seluaruh Staf dan SDM yang terlibat langsung dengan pasien di Rumah Sakit

METODE

Program Training Komunikasi Efektif Bagi Staf Rumah Sakit yang akan dilaksanakan ini menggunakan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep dan aplikasi yang benar, diberikan contoh aplikasinya, pembahasan study kasus dilapangan, diskusi interaktif, latihan penyusunan program dan evaluasi program yang tepat sasaran untuk mencapai standar program Pelatihan Komunikasi Efektif.

DURASI     

  • 2 hari ( efektif 14 jam) Mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB (Publik Training Tatap Muka)
  • 2 hari ( efektif 12 jam) Mulai pukul 09.00 – 15.00 WIB (Publik / In House Training Online)

NARASUMBER

Trainer dan Tim Konsultan Disi Training Center

TEMPAT

Hotel Berbintang di 5 Kota Besar (Jakarta, Bogor,  Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya)

FASILITAS Pelatihan Komunikasi Efektif 

  • Offline: Sertifikat, Modul (Hard/Soft Copy), Training Kit , Jacket, 2X Lunch, 2X Coffee Break/hari, Foto Bersama Seluruh Peserta, dilaksanakan di hotel berbintang.
  • Online: Softcopy Materi, Recording/Rekaman Training dan Sertifikat.

BIAYA ADMINISTRASI

Publik Training Tatap Muka

  • Rp. 4.250.000; /peserta (belum termasuk akomodasi penginapan & PPN)

Publik Training Online

  • Rp. 3.500.000;/peserta (belum termasuk PPN)
  • Rp. 3.250.000;/2-3 peserta (belum termasuk PPN)
  • Rp. 3.000.000;/4-5 peserta (belum termasuk PPN)

In House Training Online

  • Rp. 12.000.000; untuk maksimal 10 peserta (belum termasuk PPN)
  • Rp. 16.000.000; untuk maksimal 20 peserta (belum termasuk PPN)
  • Rp. 20.000.000; untuk maksimal 30 peserta (belum termasuk PPN)

INFORMASI & PROMO

JADWAL TRAINING KOMUNIKASI EFEKTIF BAGI STAF RUMAH SAKIT Tahun 2021:

  • Jakarta, 6-7 Januari 2021
  • Bandung, 21-22 Januari 2021
  • Jakarta, 3-4 Februari 2021
  • Bogor, 18-19 Februari 2021
  • Jakarta, 3-4 Maret 2021
  • Yogyakarta, 18-19 Maret 2021
  • Jakarta, 5-6 April 2021
  • Bandung, 24-25 Mei 2021
  • Jakarta, 3-4 Juni 2021
  • Yogyakarta, 17-18 Juni 2021
  • Bogor, 8-9 Juli 2021
  • Jakarta, 22-23 Juli 2021
  • Bandung, 5-6 Agustus 2021
  • Jakarta, 19-20 Agustus 2021
  • Bogor, 2-3 September 2021
  • Jakarta, 16-17 September 2021
  • Jakarta, 7-8 Oktober 2021
  • Yogyakarta, 21-22 Oktober 2021
  • Bandung, 4-5 November 2021
  • Jakarta, 18-19 November 2021
  • Bandung, 2-3 Desember 2021
  • Jakarta,16-17 Desember 2021

DOWNLOAD SILABUS Training Komunikasi Efektif RS

REFERENSI

  1. RS Tk.IV Sariningsih, Bandung – Jawa Barat
  2. RSUD H. Abdoel Madjid Batoe, Kab. Batang Hari – Jambi
  3. RSUD Kec. Kembangan, Meruya – Jakarta Barat
  4. RSU Bina Sehat, Bandung – Jawa Barat
  5. RS. Benyamin Guluh, Kab. Kolaka – Sulawesi Tenggara
  6. RSUD Hasanudin Damrah Manna – Bengkulu
  7. RS. Bhayangkara Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara
  8. RSKIA Harapan Bunda, Kota Bandung – Jawa Barat

Training Komunikasi Efektif Bagi Staff Rumah Sakit

Download silabus TRAINING KOMUNIKASI EFEKTIF BAGI STAF RUMAH SAKIT

5 Comments

  • dian pratiwi berkata:

    Masih bisah daftar tidak untuk tanggal 27 n 28 juli jakrta

  • Solehudin berkata:

    Mohon Info Pelatihan yang akan jalan bulan agustus

    • disitc berkata:

      Terima kasih Bapak Solehudin atas kunjungannya ke website kami.
      Untuk pelatihan komunikasi efektif bagi staff Rumah Sakit, akan diadakan pada tanggal 30-31 Agustus 2018 di Jakarta. Mengenai pelatihan lainnya di bulan agustus yang almost running yaitu :
      1. Pelatihan Central Sterile Supply Departement (CSSD). Jakarta, 15-16 Agustus 2018
      2. Pelatihan Manajer Pelayanan Rumah Sakit (Case Manager). Jogja, 20-21 Agustus 2018
      3. Pelatihan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS). Bandung, 9-10 Agustus 2018
      4. Pelatihan Manajemen Logistik Rumah Sakit. Bandung, 30-31 Agustus 2018
      5. Pelatihan Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP). Jakarta, 9-10 Agustus 2018

      Untuk mempermudah komunikasi selanjutnya bisa menghubungi nomor : 0812 8457 4848 (Ready WA)

      Hubungi kami : bit.ly/Rizky_disitrainingcenter

      Best Regards

  • Dina Noviesca berkata:

    Mohon Info untuk pelatihan bulan Maret 2019, Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Share This

Copy Link to Clipboard

Copy