Bimtek dan Pendampingan Akreditasi Rumah Sakit

Bimtek dan Pendampingan Akreditasi Rumah Sakit sesuai SNARS Edisi 1

LATAR BELAKANG

Perkembangan pelayanan rumah sakit akhir-akhir ini dan perubahan tuntutan masyarakat akan pelayanan yang bermutu menyebabkan rumah sakit harus segera melakukan “perubahan” menuju pelayanan yang berorintasi pada mutu dan kesematan pasien. Oleh karena itu salah satu upaya dalam melakukan “perubahan” tersebut adalah dengan mengikuti akreditasi rumah sakit.

Mutu adalah tingkat kesempurnaan penampilan dari sesuatu yang diamati atau derajat kepatuhan terhadap standar yang ditentukan terlebih dahulu & Keselamatan pasien adalah suatu sistem dimana rumah sakit membuat asuhan pasien lebih aman.

Akreditasi adalah pengakuan terhadap lembaga  yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga itu memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu

Akreditasi Rumah Sakit di Indonesia pertama kali dilaksanakan pada tahun 1995, dengan 5 pelayanan, kemudian pada tahun 1998 bertambah menjadi 12 pelayanan dan pada tahun 2001 menjadi 16 pelayanan. Namun sejalan dengan peningkatan tuntutan masyarakat terhadap pelayanan yang berfokus kepada pasien. Maka diperlukan perubahan paradigma akreditasi yang berfokus kepada provider menjadi akreditasi yang berfokus kepada pasien.

Dalam rangka memberikan kemampuan pemahaman sebagaimana dimaksud dan mempersiapkan RS menuju Akreditasi SNARS Edisi 1 Tahun 2018, maka abipraya HOSPITAL TRAINING SERVICE, bermaksud menyelenggarakan Pendampingan Akreditasi kepada Rumah Sakit Bapak/Ibu.

TUJUAN

Umum : 

Agar rumah sakit dapat meningkatkan mutu pelayanan, melalui implementasi standar akreditasi  yang berorientasi kepada mutu dan keselamatan pasien

Khusus :

  1. Agar rumah sakit dapat mengetahui dan menerapkan standar akreditasi baru
  2. Agar rumah sakit dapat menyiapkan dokumen akreditasi
  3. Agar rumah sakit dapat mengetahui kegiatan yang harus dilaksanakan.
  4. Agar rumah sakit dapat memenuhi standar akreditasi
  5. Agar meningkatnya pemahaman para praktisi RS terhadap standar akreditasi pelayanan berfokus pasien

SASARAN

Rumah Sakit yang akan mempersiapkan Akreditasi Rumah Sakit

  1. Direksi
  2. Para Pemimpin di Rumah Sakit ( Kepala Bidang/Unit/Ruangan )
  3. Ketua Komite Medik
  4. Ketua Komite Keperawatan
  5. Ketua Komite Mutu dan Keselamatan Pasien
  6. Tim Akreditasi
  7. Pokja Akreditas terkait

KETENTUAN BIMBINGAN TEKNIS

PAKET : (6 hari 5 malam untuk 6 Pokja )

Materi Pembahasan Pokja Akreditas SNARS Edisi 1:

  • Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP)
  • Pelayanan Kefarmasian dan Penggunaan Obat (PKPO)
  • Akses Rumah Sakit dan Kontiniutas Pelayanan (ARK)
  • Assesmen Pasien (AP)
  • Pelayanan Asuhan Pasien (PAP)
  • Manajemen Kumunikasi dan Edukasi (MKE)
  • Manajemen Informasi dan Rekam Medis (MIRM)
  • Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI)
  • Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK)
  • Program Nasional (ProgNas)
  • Sasaran Keselamatan Pasien (SKP)
  • Tata Kelola Rumah Sakit (TKRS)
  • Kompetemsi Dan Kewenangan Staf (KKS)
  • Pelayanan Anastesi dan Bedah (PAB)
  • Pelayanan dan Asuhan Pasien (PAP)

NARASUMBER/FASILITATOR

DISI Training Center Consultant & Team

WAKTU DAN TEMPAT

Pelaksanaan Pendampingan Akreditasi ini dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan dan hasil self assesment masing-masing rumah sakit.

INFORMASI BIAYA DAN PEMBAYARAN

  • 0812 8457 4848 ( WA )
  • 0815 1934 3986 ( WA )

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Share This

Copy Link to Clipboard

Copy